Kamis, 05 September 2013

Bhara Nuri Na’u Nena

 
Bhara Nuri Na’u Nena
(Pesan Bhara Nuri)
Terjemahan dalam Bahasa Ende oleh Jamaludin Adjhar

Jao taha tazo ka tei rakya
Ata iwa
Mbou tana peka ta’a wazi
Mai tana kami
Ja’o to’o, ja’o lawa
Dheki tumba
Tau lawa
Suradadu paru je’o tendu
Ata lawa ja’o pate
Dhe, jao fonga selama
Tapi tazo, ari ka’e jo abe konggo
Karna na na ja’o tazo
Ja’o hara tazo, ja’o dhoa
Tei abe rita
Ate jo mesu, ozo gera jo pota,
Belanda jeba,
Ja’o ...
Ro peka kuni wazi
Nai re kapa ata wi tu ja’o
Ja’o abe wi tu tau Jawa
Iwa ka bhaze wazo
Hoe miu ata ja’o wezu
Ja’o na’u re miu
Ate miu ma’e bidi
.....
Tu’a ngere tu’a ko watu
Tu’a ngere tofa
No’o Kewa ne’e Mama Zeda
Ja’o sodho re miu ja’o mbana nai kapa
Ma’e rita
Ma’e susa
Eze ja’o mbana
Ata zatu woso
Tegu, Sewa ne’e Mbani Mbira
Tozo zeta no’o mu
Kewa dan Mama Zedha
Tozo mogha Tori ne’e Hawa
Sale Kase, Hasa Baba
Miu ata gati ja’o
Ja’o wi mbana nai kapa
Pabou si tembo miu
Ma’e pangera bea
Kalo miu iwa pabou
Tana na ata maza



Terjemahan: (sumber: Bhara Nuri (1887-1891), 2001:44-45)
Aku tidak tahan melihat rakyat
yang tidak berdaya terhadap Belanda
Merampas tanah lalu mengusir rakyat
Dari tanah tumpah darahnya
Aku bangun, akhirnya memberontak
Mengangkat tombak dan
Mengadakan perlawanan
Serdadu lari aku kejar
Yang menentang aku babat
Aduh aku ingin selamat
Tapi tidak bisa, adik kakakku dipasung
Karena itulah aku tak berdaya
Aku tidak punya harapan dan tidak tega
Melihat mereka menangis
Hatiku terenyuh, kemarahanku hilang.
Belanda menjebak,
Aku tak berdaya.
Sudah tak berdaya disuruh
Langsung naik ke kapal yang hendak membawaku
Aku hendak dibawa ke Jawa dan
Tak kembali lagi.
Wahai kamu yang ditinggalkan
Aku berpesan
Hatimu jangan ragu
Tetap teguh senantiasa
Keraslah kamu seperti batu
Kuatlah kamu seperti tofa
Tanta Kewa dan Mama Zedha
Aku pamit mau berangkat naik kapal
Jangan menangis
Jangan sedih
Meski aku pergi berlayar
Banyak orang masih ada
Tegu, Sewa dan Mbani,
Mbira,
Seringlah menengok
Tanta Kewa dan Mama Zedha
Perhatikan juga Tori dan
Hawa
Sale Kase, Hasa Baba
Kamu yang menggantikan aku
Aku mau pergi naik kapal
Bersatulah kalian
Jangan tercerai berai
Bila kamu tidak bersatu,
Negeri ini dicaplok orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar