Jumat, 28 Oktober 2011

Menjadi Orang yang Lebih Baik dengan Mengenal Diri Sendiri

Kadang, kita kurang mengenali dan memahami siapa diri kita yang sebenarnya. Apa kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan kita. Tak ada orang yang sempurnya. Kita semua punya 'keanehan' dan keunikan. Kadang, keanehan ini justru membuat kita cute, istimewa, dan disukai. Tapi, sebagian dari keanehan ini mungkin kurang menarik dan untuk itu, diperlukan pemahaman dan pengenalan diri sendiri agar kita bisa memperbaikinya.
Tidak semua orang mengenali dirinya sendiri. Dibawah ini beberapa tips untuk masalah tersebut.

Pentingnya mengenal diri sendiri
Mengenal diri sendiri itu penting karena bisa membuat kita menjadi orang yang lebih baik.
Empati
Kemampuan untuk melihat kapan kita salah atau kapan kita melakukan kesalahan-kesalahan membuat kita bisa melihat sudut pandang orang lain dan berempati dengan situasi atau perasaan-perasaan mereka.
Pengakuan
Anda mungkin pernah mengalami, orang yang tidak mengenal diri sendiri sangat sulit minta maaf atau mengakui bahwa mereka salah. Orang-orang ini bahkan tidak bisa melihat bahwa mereka salah. mereka cenderung berpikir bahwa mereka selalu benar dan jika sesuatu tidak berjalan seperti yang direnacanakan, mereka selalu mengataka itu kesalahan orang lain.
Orang di depan cermin
Jika kita dapat menerima kelemahan-kelemahan kita, kita bisa melakukan perubahan positif untuk memperbaikinya. Tahu adalah separuh dari pertempuran. Dan jika kita bisa mengakui hal-hal yang kurang baik tentang diri kita, kita bisa mengubahnya atau memperbaikinya.
Toleransi
Jika Anda bisa melihat kesalahan-kesalahan diri sendiri, Anda akan lebih mudah menerima kesalahan-kesalahan orang lain.
Kerendahan Hati
Memahami bahwa kita sendiri tidak sempurna membuat kita bisa bersikap rendah hati. Selain itu, tahu bahwa kita selalu bisa berterima kasih atas kebaikan-kebaikan yang kita terima.
Disukai
Tak ada orang yang suka dengan orang yang serba tahu atau orang yang menganggap dirinya selalu benar. Punya kemampuan untuk melihat sudut pandang orang lain, berskap terbuka dan fleksibel, dan mengakui, Anda bukan satu-satunya orang yang tahu jawabannya, membuat Anda menjadi orang yang lebih menarik.
Menilai diri sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar