Sabtu, 29 Oktober 2011

Perubahan Masyarakat Desa Akibat Penggunaan Teknologi


Ketika teknologi menjadi semakin maju, khususnya yang menyangkut transportasi, komunikasi, dan informasi terjadilah perubahan-perubahan besar yang mendasar. Jaringan transportasi yang semakin menyebar dan merata serta alat transportasi yang semakin modern telah semakin meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat untuk bergerak maju mengikuti perubahan jaman. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya penduduk desa yang pergi ke kota dan sebaliknya banyak penduduk kota yang datang ke desa. Kontak-kontak yang dilakukan mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya di kalangan mereka. Bahkan pada tingkat tertentu akan sulit membedakan orang desa dengan orang kota, baik dilihat dari penampilan fisik maupun gaya hidupnya. Ditambah lagi jika berbagai kemudahan hidup yang diperoleh di kota juga bisa didapatkan di desa seperti yang terlihat di jaman sekarang ini.
Jika tidak mengikuti perubahan jaman, masyarakat desa akan terisolasi akibat sarana transportasi yang kurang menunjang misalnya, ataupun kurangnya interaksi dengan masyarakat luar. Apalagi, ditambah dengan belum hadirnya surat kabar, radio, televisi, dan berbagai media massa lainnya, isolasi fisik pun akan berkembang menjadi isolasi secara budaya. Artinya, pada situasi atau kondisi semacam ini, kontak sosial dan kebudayaan antara masyarakat desa dan masyarakat kota tidak akan terjadi. Jika pun terjadi, tidak akan mengakibatkan terjadinya perubahan pada komunitas masyarakat desa. Pada situasi terisolasi, baik masyarakat desa maupun masyarakat kota akan berkembang menjadi suatu komunitas yang bukan saja berbeda karakteristik akan tetapi terkaang juga berlawanan.
Pengaruh kebudayaan modern akan menyebabkan sifat berbagai kebutuhan hidup masyarakat desa berubah dan bertambah luas. Masyarakat desa yang semula tidak mengenal berbagai perlengkapan modern misalnya seperti televisi, radio, listrik, dan kendaraan bermotor dengan semakin intensifnya pengaruh kebudayaan modern, pada akhirnya mereka mengenalnya dan bahkan menjadi tergantung pada alat-alat modern seperi itu.
Perubahan sosial masyarakat memang menimbulkan berbagai dampak yang memengaruhi perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan-perubahan tersebut. Tipe-tipe masyarakat dalam menghadapi perubahan sosial beraneka ragam. Keragaman ini berhubungan erat dengan kesiapan masyarakat yang bersangkutan dalam menghadapi perubahan tersebut. Apabila masyarkat siap menghadapi perubahan-perubahan tersebut akan membawa kemajuan bagi kebudayaan masyarakat. Jika kondisi yang terjadi sebaliknya, maka akan terjadi ketidakharmonisan  dalam kehidupan bermasyarakat.
Sebagai contoh, perubahan akibat revolusi hijau yang berkembang sangat pesat pada masa orde baru yang menimbulkan beberapa perubahan. Jika dilihat dari paradigma yang dipakai yaitu pertumbuhan, pelaksanaan, Revolusi Hijau di Indonesia bisa dikatakan berhasil. Pada tahun 1984 produktivitas pertanian padi meningka mencapai dua kali lipat dibanding tahun 1960-an. Dari sini dapat dikatakan bahwa perubahan yang terjadi pada masyarakat desa akibat teknologi berkembang dengan pesat sesuai dengan perkembangan jaman dan penerimaan masyarakat desa terhadap perubahan-perubahan tersebut untuk menjadikannya mandiri dan berpotensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar