Minggu, 18 Desember 2011

Akses Internet Dengan Bantuan Bluetooth


Perkembangan teknologi memang tidak ada batasnya. Ada saja hal baru yang muncul dan membuat manusia kaget dan terheran-heran. Heran karena kecanggihannya, cara alat itu bekerja, bagaimana alat itu bisa menghasilkan sesuatu, dan sebagainya.
Nah, jika teman-teman biasa mengakses internet harus ke warnet atau menggunakan modem eksternal atau lewat handphone, sekarang ada cara baru yang lumayan praktis untuk kita agar bisa mengakses internet. Cara ini sangat mudah dan harganya cukup terjangkau dengan kantong kita sebagai mahasiswa, yaitu dengan menggunakan bluetooth. Untuk settingannya pun cukup mudah.
Kalau kita di rumah menggunakan PC (Personal Computer), maka kita harus membeli bluetooth eksternal. Tapi, jika menggunakan komputer jinjing atau biasa kita sebut laptop atau notebook, biasanya perangkat ini sudah dimasukkan oleh pabrik atau perusahaan pembuat barang tersebut. Harga bluetooth eksternal sendiri cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 60.000an. Nah, coba kita pikirkan kalau kita harus membeli modem yang harganya ratusan ribu. Uang itu bisa kita gunakan untuk kebutuhan lain. Jika sudah ada perangkatnya, kita bisa menyambungnya lewat bluetooth handphone.
Oh ya... kita juga bisa mengakses internet lewat kabel data untuk handphone tertentu yang disambung ke program yang namanya “PCSuite”. Kini sudah ada software yang namanya “Nokia PCSuite dan SE PCSuite (Sony Ericson). Softwarenya bisa didownload di internet dengan versi yang baru. Nah, Sekarang saya kasih tahu cara menyeting bluetooth agar kita bisa mengakses internet. Tapi, senyum dulu ka!!! Biar penulisnya semangat!! Cieeeee....eee...!!!
  • Tahap 1: Colok bluetooth eksternal (pengguna PC) atau hidupkan bluetooth pada tombol yang ada pada tooth keyboard untuk pengguna laptop atau notebok. Maka, di layar akan muncul balon yang menginstal atau mendeteksi secara otomatis perangkat tadi.
  • Tahap 2: Karena akses internet kita menggunakan bantuan satelit, maka kita harus membayar jaringan dengan mendaftar pada handphone terlebih dahulu. Sekarang, beberapa operator seluler memberikan kemudahan bagi konsumennya untuk mengakses internet dengan harga yang cukup terjangkau. Kita bisa melihatnya pada iklan di dalam TV, spanduk-spanduk atau poster-poster iklan yang biasa dipampang di mana saja.
  • Tahap 3: Setelah mendaftar, maka kita tinggal menghubungkan perangkat tadi (bluetooth komputer) dengan bluetooth handphone. Setelah terhubung, selanjutnya kita bisa menghubungkan kartu sim yang telah didaftarkan untuk dihubungkan dengan jaringan internet. Menunggu sebentar sampai tanda silang di sinyalnya hilang maka kita sudah bisa browsing sepuasnya.
Kelebihan menggunakan cara ini adalah kita masih bisa menelpon dan mengirim pesan kepada orang lain, perangkat yang digunakan harganya cukup terjangkau dan mudah dalam penyetingan. Nah, mudah saja kan. Silahkan mencoba.

oleh: Jamaludin Adjhar

1 komentar: