Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami berita
dan laporan
Kompetensi Dasar : Membedakan fakta dan opini yang
terdapat di dalam berita dari berbagai sumber
Indikator : - Menentukan fakta dalam
berita
-
Menentukan opini
dalam berita
-
Menentukan isi
berita
-
Penentukan
pokok-pokok berita
-
Merangkum isi
berita dalam beberapa kalimat sesuai langkah-langkah merangkum
Alokasi waktu : 4 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Siswa mampu
menentukan fakta dan opini dalam berita.
2.
Siswa mampu
menentukan isi berita.
3.
Siswa mampu
menentukan pokok-pokok berita.
4.
Siswa mampu
merangkum isi berita dalam beberapa kalimat sesuai langkah-langkah merangkum.
5.
Siswa mampu
membedakan fakta dan opini yang terdapat dalam berita dari berbagai sumber.
B.
Materi
Pembelajaran: Rekaman berita:
-
Pokok-pokok isi
berita
-
Isi berita
-
Cara merangkum
isi berita
C.
Metode
Pembelajaran:
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
D.
Kegiatan
Pembelajaran:
1.
Pendahuluan:
-
Tanya jawab mengenai
berita-berita yang pernah didengar
-
Tanya jawab
mengenai fakta dan opini dalam berita
-
Guru menjelaskan cara
membedakan fakta dan opini dalam berita
-
Guru menjelaskan
cara merangkum isi berita dan merangkum pokok-pokok berita
2.
Kegiatan inti
-
Siswa mendiskusikan
isi berita yang terdapat dalam buku teks atau surat kabar
-
Siswa merangkum
isi berita secara berkelompok
-
Siswa menentukan
pokok-pokok berita
-
Siswa menetukan
fakta dan opini dalam berita
3.
Penutup
-
Siswa melaporkan
hasil diskusi:
·
Rangkuman isi
berita
·
Pokok-pokok dalam
berita
·
Fakta dan opini
dalam berita
E.
Media dan Sumber
Belajar:
-
Buku teks yang
terkait
-
Buku pelengkap
-
Surat kabar atau
majalah
F.
Penilaian:
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk : Tes uraian
3.
Contoh : 1.
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan diskusi presentasi bacaan.
Kompetensi Dasar : Menilai isi pembicaraan dalam diskusi
(dalam hal baik buruk, bermutu tidak bermutu,
dan
sebagainya)
Indikator : - Menyampaikan secara
lisan pokok-pokok yang dibicarakan
-
Mengajukan
pertanyaan atau tanggapan terhadap salah satu pokok pembicaraan dengan
menggunakan ungkapan dan konjungsi antarkalimat yang sesuai dan tepat
-
Mengemukakan
persetujuan atau penolakan terhadap salah satu pendapat yang muncul dalam
diskusi
-
Menjelaskan
argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
-
Menilai isi
pembicaraan dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
-
Memberikan
kritikan atau sanggahan terhadap pendapat atau gagasan orang lain yang
disampaikan dalam diskusi
Alokasi waktu : 4 x 40 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Siswa mampu menyampaikan
secara lisan pokok-pokok yang
dibicarakan
2.
Siswa mampu
mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap salah satu pokok pembicaraan
dengan menggunakan ungkapan dan konjungsi antarkalimat yang sesuai dan tepat
3.
Siswa mampu
mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap salah satu pendapat yang
muncul dalam diskusi
4.
Siswa mampu
menjelaskan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
5.
Siswa mampu
menilai isi pembicaraan dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
6.
Siswa mampu
memberikan kritikan atau sanggahan terhadap pendapat atau gagasan orang lain
yang disampaikan dalam diskusi
B.
Materi
Pembelajaran: Pelaksanaan diskusi:
-
Cara menentukan
pokok yang dibicarakan dengan rumus 5 w + 1 h
-
Cara bertanya,
memberikan kritikan atau sanggahan
-
Cara menilai isi
pembicaraan dalam hal baik-buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya
C.
Metode
Pembelajaran:
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
D.
Kegiatan
Pembelajaran:
1.
Pendahuluan:
-
Siswa ditanya
mengenai cara mengajukan pendapat, pertanyaan atau tanggapan, mengemukakan
persetujuan atau penolakan terhadap sebuah pembicaraan.
-
Guru menjelaskan cara
menyampaikan pendapat, pertanyaan atau tanggapan, mengemukakan persetujuan atau
penolakan terhadap sebuah pembicaraan.
-
Guru menjelaskan
cara memberikan kritik atau sanggahan dan memberikan penilaian terhadap isi
pembicaraan dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya.
2.
Kegiatan inti
-
Siswa melaksanakan
diskusi dengan permasalahan yang berbeda-beda.
-
Siswa mencatat
siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan kemudian menyampaikannya
secara lisan.
-
Siswa mengajukan
pertanyaan atau tanggapan terhadap salah satu pokok pembicaraan dengan
menggunakan ungkapan dan konjungsi antarkalimat yang sesuai dan tepat.
-
Siswa mengemukakan
persetujuan atau penolakan terhadap salah satu pendapat yang muncul dalam
diskusi.
-
Siswa mengajukan
argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara.
-
Siswa menilai isi
pembicaraan dalam hal baik buruk, bermutu tidaknya, dan sebagainya.
-
Siswa memberikan
kritikan atau sanggahan terhadap pendapat atau gagasan orang lain yang
disampaikan dalam diskusi.
3.
Penutup
-
Siswa melaporkan
hasil diskusi:
·
Siswa diminta
menjelaskan kesulitan dalam menyampaikan pendapat, bertanya, berkritik atau pun
memberikan sanggahan terhadap isi pembicaraan.
·
Siswa diminta
menjelaskan kesulitan dalam menilai isi pembicaraan dalam hal baik buruk,
bermutu tidaknya, dan sebagainya.
E.
Media dan Sumber
Belajar:
-
Buku teks yang
terkait
-
Buku pelengkap
F.
Penilaian:
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk : Tes uraian
3.
Contoh : 1. .............?
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII/Bahasa
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
3.
Memahami ragam
wacana tulis dengan membaca intensif berbagai paragraf dan artikel.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi pola pengembangan
paragraf dengan kegiatan membaca intensif
Indikator : - Mendeskripsikan
ciri-ciri berbagai teks deduktif dan induktif
-
Menjelaskan
perbedaan paragraf induktif dan deduktif
-
Menyimpulkan isi
teks tersebut berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang
disajikan dalam tulisan/artikel
-
Menganalisis
paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif)
-
Menentukan isi
berbagai teks yang menggunakan alasan, rincian, atau contoh
Alokasi waktu : 6 x 40 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Siswa mampu mendeskripsikan
ciri-ciri berbagai teks deduktif dan induktif
2.
Siswa mampu menjelaskan
perbedaan paragraf induktif dan deduktif
3.
Siswa mampu menyimpulkan
isi teks tersebut berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat)
yang disajikan dalam tulisan/artikel
4.
Siswa mampu menganalisis
paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif)
5.
Siswa mampu menentukan
isi berbagai teks yang menggunakan alasan, rincian, atau contoh
B.
Materi
Pembelajaran: Teks bacaan/artikel yang menggunakan pola pengembangan deduksi
dan induksi:
-
Pengertian
deduktif dan induktif
-
Ciri-ciri
paragraf deduktif dan induktif
-
Contoh paragraf
deduktif dan induktif
-
Hal-hal yang
berkaitan dengan penggunaan alasan, rincian, atau contoh pada teks deduktif
C.
Metode
Pembelajaran:
-
Ceramah - Latihan
-
Tanya jawab
-
Diskusi
D.
Kegiatan
Pembelajaran:
1.
Pendahuluan:
-
Tanya jawab mengenai
pengertian, ciri-ciri, dan contoh paragraf deduktif dan induktif
-
Tanya jawab mengenai
hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alasan, rincian, atau contoh pada teks
deduktif.
-
Tanya jawab
mengenai teks bacaan/artikel yang menggunakan pola pengembangan deduksi dan
induksi.
2.
Kegiatan inti
-
Siswa
melaksanakan diskusi
-
Siswa membacakan
teks/paragraf yang berpola deduktif dan induktif
-
Siswa mengidentifikasi
ciri-ciri berbagai teks deduktif dan induktif
-
Siswa membedakan
jenis paragraf deduktif dan induktif
-
Siswa menemukan
paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif)
-
Siswa menemukan
isi berbagai teks yang menggunakan alasan, rincian, atau contoh
3.
Penutup
-
Siswa diminta
menjelaskan kesulitan mengidentifikasi ciri-ciri paragraf deduktif dan induktif
-
Siswa diminta
menjelaskan kesulitan dalam membedakan jenis paragraf deduktif dan induktif
-
Siswa diminta
menjelaskan kesulitan dalam menemukan isi berbagai teks yang menggunakan
alasan, rincian, atau contoh
E.
Media dan Sumber
Belajar:
-
Buku teks yang terkait - Media lain
-
Buku pelengkap
F.
Penilaian:
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk : Tes uraian
3.
Contoh : 1. .....?
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program :
XII/Bahasa
Semester :
1
Standar Kompetensi :
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam
bentuk surat lamaran, laporan, paragraf persuasif dan argumentatif
Kompetensi Dasar :
Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan struktur bahasa dan ejaan.
Indikator :
- Mengenali dan menentukan struktur surat lamaran pekerjaan
-
Menyempurnakan surat lamaran pekerjaan
berdasarkan iklan dengan memperhatikan struktur, bahasa, diksi, dan EyD
-
Menyempurnakan kekurangan surat lamaran dari
segi struktur, diksi, bahasa, dan EyD
Alokasi Waktu :
6x40`
A.
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa mampu menulis surat lamaran pekerjaan
berdasarkan struktur bahasa dan ejaan
-
Siswa mampu mengenali dan menentukan struktur
surat lamaran pekerjaan
-
Siswa mampu menyempurnakan surat lamaran
pekerjaan berdasarkan iklan dengan memperhatikan struktur, bahasa, diksi, dan
EyD
-
Siswa mampu menyempurnakan kekurangan surat
lamaran pekerjaan dari segi struktur, diksi, bahasa, dan EyD
B.
Materi Pembelajaran
Penulisan surat lamaran pekerjaan
-
Struktur surat lamaran pekerjaan
-
Bahasa dan diksi dalam surat lamaran pekerjaan
-
EyD dan tanda baca dalam surat lamaran pekerjaan
C.
Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Latihan
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Siswa ditanya mengenai menulis surat lamaran
pekerjaan
·
Siswa ditanya mengenai struktur, bahasa, diksi,
dan EyD dalam surat lamaran pekerjaan
·
Guru menjelaskan struktur, bahasa, diksi, dan
EyD dalam surat lamaran pekerjaan
2.
Kegiatan inti
·
Siswa membaca dan memahami contoh surat lamaran
pekerjaan
·
Siswa mengidentifikasi struktur, bahasa, diksi,
dan EyD dalam contoh surat lamaran pekerjaan
·
Siswa menyusun surat lamaran pekerjaan
berdasarkan iklan dengan memperhatikan struktur, bahasa, diksi, dan EyD
·
Siswa menentukan kesalahan struktur, bahasa, dan
ejaan dalam surat lamaran
·
Siswa menyempurnakan kekurangan surat lamaran
dari segi struktur, bahasa, diksi, dan EyD
3.
Penutup
·
Siswa menjelaskan kesulitan dalam menyusun surat
lamaran pekerjaan sesuai dengan struktur, bahasa, diksi, dan ejaan
·
Siswa menjelaskan sejauh mana pemahamannya
terhadap penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai dengan struktur, bahasa,
diksi, dan ejaan
E.
Media dan Sumber Belajar
-
Buku teks yang terkait - EyD
-
Buku pelengkap -
Kamus Besar Bahasa Indonesia
-
Buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
F.
Penilaian
1.
Teknik :
Tes tertulis
2.
Bentuk :
Tes uraian
3.
Contoh :
1. .......................................!?
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII/Bahasa
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5.
Memahami presentasi laporan kegiatan
Kompetensi Dasar : Menganalisis laporan pelaksanaan
kegiatan yang disampaikan
Indikator : - Membuat perrtanyaan
yang berhubungan dengan isi laporan pelaksanaan kegiatan
-
Membuat ulasan
mengenai struktur, isi, dan penggunaan bahasa laporan pelaksanaan kegiatan
-
Menanggapi
informasi yang didengar dari laporan pelaksanaan kegiatan
Alokasi waktu : 4 x 40 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa mampu
menganalisis laporan pelaksanaan kegiatan yang disampaikan
-
Siswa mampu
membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi laporan pelaksanaan kegiatan
-
Siswa mampu
membuat ulasan mengenai struktur, isi, dan penggunaan bahasa laporan pelaksanaa
kegiatan
-
Siswa mampu
menanggapi informasi yang didengar dari laporan pelaksanaan kegiatan
B.
Materi
Pembelajaran
-
Struktur laporan
pelaksanaan kegiatan
·
Isi laporan
pelaksanaan kegiatan
·
Bahasa laporan
C.
Metode
Pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Ceramah
-
tugas
D.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Tanya jawab
mengenai hal-hal yang berkaitan dengan laporan pelaksanaan kegiatan:
r Isi laporan pelaksanaan kegiatan
r Struktur dan bahasa laporan pelaksanaan kegiatan
2.
Kegiatan inti
·
Siswa
mendengarkan isi laporan pelaksanan kegiatan
·
Siswa mengajukan
pertanyaan tentang isi laporan pelaksanaan kegiatan yang belum jelas
·
Siswa siswa
mengidentifikasi laporan kegiatan yang disampaikan berupa struktur, isi, dan
bahasa
·
Siswa memberikan
tanggapan atas informasi yang didengar sebagai bahan perbaikan laporan
pelaksanaan kegiatan
·
Siswa
menyimpulkan isi laporan kegiatan yang disampaikan
3.
Penutup
·
Siswa diminta
menjelaskan kesulitan dalam mengidentifikasi laporan pelaksanaan keigatan yang
disampaikan berupa struktur, isi, dan bahasa
E.
Media dan Sumber
Belajar
-
Buku teks yang
terkait
-
Buku pelengkap
-
EyD
-
KBBI
F.
Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk : Tes uraian
3.
Contoh : 1. ...................................?
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII/Bahasa
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan
pikiran dan informasi melalui presentasi program dan pidato tanpa teks
Kompetensi Dasar : Berpidato tanpa teks dengan intonasi dan
sikap yang tepat
Indikator : - Membawakan pidato
dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat dan lancar.
-
Menilai
performansi pidato yang dibawakan orang lain
-
Memberikan saran
perbaikan atas penyampaian pidato
Alokasi waktu : 6 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa mampu membawakan
pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat dan lancar
-
Siswa mampu
menilai performansi pidato yang dibawakan orang lain
-
Siswa mampu
memberikan saran perbaikan atas penyampaian pidato
B.
Materi Pembelajaran
-
Pidato tanpa teks
-
Unsur-unsur pidato
r
Cara menyampaikan dengan lafal, intonasi, nada,
dan sikap yang tepat
r
Format penilaian penyampaian pidato yang
dibawakan orang lain
C.
Metode Pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Ceramah
-
Tugas
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Tanya jawab mengenai cara menyampaikan pidato
dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·
Guru menjelaskan cara menilai pidato dengan
menunjukkan format penilaian penyampaian pidato yang dibawakan orang lain.
2.
Kegiatan inti
·
Siswa menyampaikan pidato (tanpa teks)
·
Siswa mengidentifikasi teks pidato untuk
mengetahui
3.
Penutu
E.
Media dan Sumber Belajar
F.
Penilaian
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program :
XII/Bahasa
Semester :
2
Standar Kompetensi :
Membaca
7. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca teknik dan membaca cepat
Kompetensi
Dasar : Menemukan ide pokok suatu
teks dengan membaca cepat 300-350 kata per
menit
Indikator :
- Menemukan gagasan pokok dalam teks bacaan
- Menjawab secara benar 75% dari
seluruh pertanyaan yang tersedia
- Menentukan makna tersurat dan
tersirat dalam teks/bacaan
- Menyimpulkan isi teks
Alokasi Waktu :
6x40`
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menemukan gagasan pokok dalam
teks/bacaan
2.
Siswa mampu menjawab secara benar 75% dari
seluruh pertanyaan yang tersedia
3.
Siswa mampu menentukan makna tersurat dan
tersirat dalam teks/bacaan
4.
Siswa mampu menyimpulkan isi teks
B.
Materi Pembelajaran
Kecepatan dan keefektifan membaca
-
Teknik membaca cepat
-
Gagasan pokok dalam teks bacaan
-
Penjawaban 75% dari seluruh pertanyaan yang
tersedia
-
Pengertian makna tersurat dan tersirat dalam
teks
C.
Metode Pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Ceramah
-
Latihan
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Siswa ditanya mengenai membaca cepat
·
Siswa ditanya mengenai gagasan pokok dalam
teks/bacaan
·
Tanya jawab mengenai makna tersurat dan tersirat
dalam teks/bacaan
·
Guru memberikan penjelasan mengenai penyimpulan
isi teks/bacaan
2.
Kegiatan Inti
·
Siswa membaca teks dengan membaca cepat 300-350
kata per menit
·
Siswa menemukan gagasan pokok dalam teks/bacaan
·
Siswa menjawab secara benar 75% dari seluruh
pertanyaan yang tersedia
·
Siswa menyimpulkan isi teks
3.
Penutup
·
Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam
kegiatan membaca cepat
·
Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam
menemukan gagasan pokok dalam teks/bacaan
·
Guru menyimpulkan kegiatan hari ini
E.
Media dan Sumber Belajar
-
Buku teks terkait
-
Buku pelengkap/penunjang
F.
Penilaian
1.
Teknik :
Tes tertulis
2.
Bentuk :
Tes Pilihan Ganda dan Uraian
3.
Contoh :
1. .......................!
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Program :
XII/Bahasa
Semester :
2
Standar Kompetensi :
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan
informasi melalui kegiatan menulis berbagai jenis paragraf dan makalah
Kompetensi Dasar :
Menyusun makalah sesuai dengan struktur dan teknik penulisan
makalah
Indikator :
- Menentukan unsur-unsur makalah
- Menentukan isi setiap unsur
makalah
- Menyusun kerangka makalah
- Menulis/mengembangkan kerangka
makalah
- Menyunting makalah yang disusun
teman
Alokasi Waktu :
4x40`
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menentukan unsur-unsur makalah
2.
Siswa mampu menentukan isi setiap unsur makalah
3.
Siswa mampu menyusun kerangka makalah
4.
Siswa mampu menulis/mengembangkan kerangka
makalah
5.
Siswa mampu menyunting makalah yang disusun
teman
B.
Materi Pembelajaran
Makalah:
-
Unsur-unsur dan isi setiap unsur makalah
-
Permasalahan dan langkah-langkah penulisan
makalah
-
Langkah-langkah menulis makalah
C.
Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Siswa ditanya mengenai pengertian dan tujuan
penulisan makalah
·
Guru menjelaskan unsur-unsur makalah
·
Guru menjelaskan penyusunan makalah sesuai
dengan struktur dan teknik penulisan makalah
2.
Kegiatan Inti
·
Guru menyuruh salah seorang siswa untuk
membacakan contoh makalah
·
Siswa mengidentifikasi unsur-unsur makalah yang
dibaca
·
Siswa menentukan permasalahan yang ditulis
·
Siswa mengumpulkan materi yang terkait dengan
permasalahan
·
Siswa membuat kerangka makalah
·
Siswa mengembangkan kerangka menjadi sebuah
makalah
·
Siswa membacakan makalah yang disusun
·
Siswa menyunting makalah teman atau kelompok
(secara silang)
3.
Penutup
·
Siswa diminta menjelaskan kesulitannya dalam
mengidentifikasi unsur-unsur makalah dan menentukan permasalahan yang ditulis
·
Siswa diminta menjelaskan cara membuat kerangka
dan menyusun kerangkan menjadi sebuah makalah
·
Guru mengulang dengan merangkum materi yang
telah dilalui
E.
Media dan Sumber Belajar
-
Buku teks yang terkait
-
Buku pelengkap
-
Contoh makalah
-
KBBI
-
EyD
F.
Penilaian
1.
Teknik :
Tes tertulis
2.
Bentuk :
Tes uraian
3.
Contoh :
1. .........?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar