Selasa, 22 November 2011

Tuntutan Masa Datang dalam Dunia Teknologi


Kalian pasti kenal yang namanya Handphone, Komputer, Televisi, Air Conditioner (AC), PC Tablet, iPhone, PSP, Playstasion, dan sebagainya, kan? Bahkan barang-barang seperti ini sudah kita gunakan dan yang pasti harganya bervariasi. Ada yang murah dan ada yang sangat mahal. Setiap orang yang menggunakan barang-barang seperti ini pasti merogok bajet yang cukup banyak untuk mendapatkannya. Namun,  jika di jaman sekarang ada orang yang tidak menggunakan salah satu dari barang-barang di atas, maka seperti yang dikatakan orang-orang bahwa orang ini ‘GapTek’ alias gagap teknologi. Wah, kalau sudah begini, apa kata dunia?
“Kita ni bisa omong dengan kita pu saudara yang kerja di Malaysia tu, pake HP atau telpon. Kita bisa nonton bola Indonesia lawan Malaysia, nonton di tivi. Tugas kuliah harus diketik dan jaman sekarang su ti ada lagi pake mesin ketik, pake komputer sana e. Besok-besok kalo su jadi pegawe negri, ada uang banyak, bisa ju kita beli AC, gaya-gaya sedikit dengan tetangga, terus kalo su punya anak dan kita su punya banyak uang, ya beli plestesen buat kita pu anak biar masa kecilnya ti sama dengan masa kecil kita yang main tali merdeka tiap hari tu. Jaman sekarang tu, tida ada yang bilang tida bisa main komputer, harus bisa. Apalagi kalo pegang hape yang layar kuning tu. Tidak ada jaman lagi. Orang tu skarang pegang HP-HP model baru yang kalo orang disana bilang ‘HP QWERTY’ yang tombolnya dari A sampe Z ada smua tu.”
Nah, dari omong-omong ini, saya ingin berpikir lebih jauh bahwa mulai sekarang mari, kita sebagai kaum terpelajar, akademisi yang memiliki kompetensi untuk membangun bangsa, khususnya daerah kita dilahirkan, untuk belajar dan terus belajar bukan hanya disiplin ilmu yang secara khusus kita pelajari di bangku kuliah tetapi juga disiplin ilmu lain agar pikiran kita dapat berkembang dan maju. Artinya, tuntutan di jaman sekarang dan masa yang akan datang akan terus menantang kita dan para pendatang baru di belakang kita. Jika kita tidak berani untuk terus berpacu dan menerima perkembangan jaman secara baik, lalu apa yang harus kita perbuat dengan perkembangan jaman yang secara tidak diduga akan masuk ke dalam kehidupan kita. Apalagi, segala sesuatu yang berurusan dengan dunia kerja di masa datang seperti urusan kedinasan, perkantoran dan sebagainya untuk masa depan kita, tidak hanya kita koarkan melalui mulut, akan tetapi juga dituntut bahwa kita harus membuatnya dalam bentuk ini dan itu. Untuk urusan perkantoran atau kedinasan, dalam hal ini urusan administrasi, misalnya. Mengambil sebuah contoh, para PNS yang akan mengurusi DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan) harus melampirkan daftar isian DP3 sesuai dengan format yang dikeluarkan oleh dinas terkait, misalnya Dinas PPO. Dan para PNS dituntut harus mengisi tiap kolomnya dengan menggunakan komputer atau diketik. Beberapa PNS merasa kewalahan sekali ketika mendengar tuntutan seperti itu dan tuntutan ini bukan saja terjadi sekarang tetapi sudah diumumkan sebelum-sebelumnya. Mereka kesana kemari mencari rental atau orang yang mahir mengoperasikan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Menghabiskan bensin, menghabiskan uang transportasi, menyewa ojek sepeda motor dan sebagainya demi mengurusi hal tersebut. Di rental komputer, mereka harus menunggu beberapa hari karena tumpukan naskah lain yang harus diketik atau diselesaikan oleh tukang ketik. Setelah diketik pun harus difotokopi kembali karena kertas format DP3 berukuran besar (A3) dan itu hanya ada di tempat fotokopi. Kalau pun harus menggunakan mesin ketik, butuh orang yang mahir dalam urusan ini karena harus menaksir jarak huruf yang harus diketik dengan kolom-kolom yang sudah ada. Belum lagi banyaknya kesalahan dalam pengetikan seperti kurang atau lebihnya huruf dan angka dan kesalahan-kesalahan lainnya yang tidak pernah diduga sebelumnya.
Dari contoh di atas, dapat dikatakan bahwa segala hal yang berurusan dengan dunia kerja di jaman sekarang sangat membutuhkan banyak tenaga untuk dapat membantu meringankan beban kerja manusia. Tenaga yang dimaksud adalah tenaga yang dilakukan oleh mesin. Beberapa penemuan para ahli dari masa ke masa telah menunjukkan bahwa dunia ini memang semakin berkembang dan akan terus berkembang, khususnya dunia teknologi yang mengalami perubahan dan perkembangan secara signifikan serta telah menjamur diseluruh belahan benua. (Jamaludin Adjhar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar